Friday, September 6, 2013

berenang bikin iq tinggi

jadi, bu-pak, ajaklah si kecil berenang. meskipun terus bayi, tidak masalah. terlebih, bayi baru lahir lantas tidak bisa tenggelam apabila dicemplungin ke di dalam air.

hasil penelitian di melbourne, australia, perlihatkan, dengan statistis iq anak-anak yang diajarkan berenang sejak bayi lebih tinggi dari pada anak-anak yang tidak diajarkan berenang atau diajarkan berenang setelah usia 5 th.. anak-anak tersebut diukur iq-nya waktu mereka berusia 10 th.. bukan hanya itu, perubahan fisik, emosional dan sosialnya lantas makin baik.

penelitian lain perlihatkan, bayi lebih gampang diajarkan berenang dari pada orang dewasa, karena bayi tidak dulu memiliki factor kali semisal bahaya. bukankah bayi belum tahu bahaya ? lagi juga, bayi sangat senang air sampai ia lantas bisa suka diajak berenang. nah, tentang ini membuatnya lalu lebih mudah studi berenang. selain itu, bayi baru lahir hingga usia 3 bln. bisa segera nyemplung ke di dalam air tanpa takut tenggelam, karena pada usia tersebut, ia memiliki refleks ambil langkah yang banyak faedahnya untuk berenang. refleks ambil langkah yaitu diantara refleks yang menyertai bayi layaknya halnya refleks menggenggam dan refleks jalur, jelas dr. karel staa dari rs pondok indah, yang juga bekas perenang pemegang rekor 200 mtr. style dada pada 1960-1962.

lalu, jika kita tempatkan bayi usia di bawah 3 bln. di dalam air, dengan otomatis ia bisa menggerak-gerakkan kakinya serupa paddle dog sampai tidak tenggelam. bisa dijelaskan, pada usia di bawah 3 bln. bayi sudah bisa berenang dengan style primitif. tidak cuma berarti setelah usia tersebut, bayi tidak bisa berenang lagi, lo.

walau refleksnya sudah menghilang, ia terus bisa kerjakan gerakan berenang walau tidak terorganisir atau acak-acakan. soalnya, dengan ada style gravitasi, ia lantas ditekan dari bawah air sampai ia bisa mengambang. ia lantas lalu senang. terutama sejak di perut ibu, bayi sebenarnya juga sudah berenang di dalam air ketuban selama 9 bln..

setelah lahir, kemampuannya berenang tinggal ditingkatkan saja. terlebih, dikarenakan amat populernya berenang ini, di luar negeri sampai ada sistem melahirkan yang ditangani di dalam air, lo. dengan medis, tentang ini tidak bisa mengakibatkan masalah karena yaitu sistem alami. lalu, tak ada alasan lagi untuk ragu-ragu mengajak si kecil berenang, ya, bu-pak.

harus aman

yang mutlak diperhatikan, waktu berenang bayi harus lantas safe dan memanglah harus ada pengaman. lalu, orang tua harus mendampinginya. ini syarat mutlak, lo. apabila orang tua keduanya sama masuk ke di dalam air dan keduanya sama berenang dengan bayi, maka tidak cuma lantas safe, bayi lantas bisa rasakan ada respon dari orang tua, tutur karel. disamping, dengan orang tua ikuti juga bisa bermain dengan bayi sampai ada jalinan antar manusia. ini yaitu diantara keunggulan berenang.

coba bandingkan waktu bayi baru studi duduk atau jalur, apakah orang tua bisa ikuti dan kerjakan gerakan yang sama terus menerus dengan anak ? kan, enggak. nah, berenang lain. mereka keduanya sama masuk air, keduanya sama berenang sampai rasa enjoy -nya lebih. ini bisa berguna untuk pergantian psikologis anak. tersebut mengapa, ke-2 orang tua sebaiknya turut bersamaan bermain di dalam air. tentunya, berenang juga berguna untuk perubahan.

motoriknya berkembang lebih cepat dari pada ia hanya bermain di lantai. bukankah waktu berenang, semua otot bekerja ? nah, apabila di lantai, hanya otot-otot spesifik saja yang bekerja. terutama apabila ibu berikanlah baby walker sampai bayi lalu miliki kebiasaan jalur dengan alat itu. setelah itu, gerakan-gerakan ototnya lalu terbatas karena hanya otot-otot spesifik saja yang bekerja.

cermati kebersihan air

nah, sekarang ini ibu-bapak semakin mantap, kan, mengajak si kecil berenang ? tetapi berenangnya di rumah saja, ya, apabila usia si kecil terus di bawah 6 bln., agar bisa mengontrol kebersihan dan suhu airnya. jangan sampai lupa, di usia ini enzim pencernaan bayi belum masak. lalu, apabila ia dengan tidak sengaja menelan air yang tidak bersih waktu berenang, bisa mengakibatkan mencret, muntah, dan sebagainya. tidak cuma berarti di rumah harus ada kolam renang, lo. toh, banyak benda yang bisa untuk jadikan pengganti kolam renang layaknya bak mandi, ember besar, bathtub, dan yang lain. nah, kerjakan bayi bermain di situ. sebenarnya, waktu bayi tengah mandi atau bermain air yaitu diantara langkah tahu atau menghayati air pada anak, tutur karel. setelah bayi berusia 6 bln. ke atas barulah bawa ia ke kolam renang terbuka atau umum. tetapi harus tetapkan, ya. mungkin di indonesia terus sulit karena kita, kan, enggak memiliki kolam berenang khusus bayi. terlebih biasanya kolam renang di jakarta, air yang dipakai itu-itu saja, muter saja di situ. diputarnya pakai mesin lalu ditambahkan kaporit dan daun-daun atau kotorannya diangkat ; 1 bln. sekali baru diganti. tentang ini dikarenakan sulitnya sumber air di jakarta. lain dengan di kota pegunungan layaknya bogor dan cibodas, mereka memiliki kolam renang yang airnya mengalir.

lalu, jika dapat membawa bayi berenang di kolam renang umum, tetapkan waktu yang cocok, yaitu waktu kolam renang terus di dalam kondisi bersih ; biasanya di waktu pagi. suhunya juga harus cocok, sebaiknya jangan sampai semakin lebih 31 atau 32 derajat celcius.

khusus untuk bayi usia 1bulan pertama, suhunya 34-35 derajat celcius. kebersihan lain yang butuh diperhatikan yaitu kaporitnya, jangan sampai terlalu bosan, karena kaporit bisa mengakibatkan iritasi kulit, mata, dan yang lain. ukuran kaporit yang ditetapkan untuk anak yakni 6-8 ppm. hati-hati, lo, bu-pak, apabila bayi sudah lantas trauma karena matanya perih, perumpamaan, sesudah itu bisa lalu kendala.

untuk rekreasi

yang perlu diingat, janganlah pernah orang tua mengajak bayi berenang untuk mengejar prestasi karena tujuan utamanya yakni rekreasi. beberapa asosiasi kedokteran anak di luar negeri lantas mengatakan, berenang pada anak usia di bawah 4 th. jangan sampai buat jadi tujuan untuk mengejar prestasi. di atas usia itu barulah orang tua bisa mengajarkan gaya-gaya berenang yang ditargetkan untuk prestasi. di dalam bhs lain, bayi berenang hanya untuk fun.

mulai usia 1 th. bolehlah diarahkan pada prestasi, tetapi tidak dengan langkah ditekan, papar karel. perumpamaan, masing-masing hari harus berenang 50 mtr. bolak-balik. soalnya, di usia tersebut ia baru bisa ikuti gerakan-gerakan renang yang ditangani orang tuanya. sama halnya dengan bayi usia 1 th. yang suka marah-marah karena tengok orang tuanya yang suka marah-marah, demikianlah juga berenang.

apabila orang tua suka berenang dengan style yang cukup baik maka ia lantas bisa ikuti. lalu, ajak si kecil berenang untuk kesehatannya lebih dulu, ya, bu-pak. problem style renang bisa ikuti dengan otomatis jika ia sudah menyukainya. jangan sampai lupa, waktu mendampinginya, ibu-bapak juga harus fun, lo, tidak cuma lantaran terpaksa.

 periksa dulu kondisi bayi

sebelum akan mengajak si kecil, ibu-bapak perlu memeriksakan kondisi fisiknya ke dokter. grosir baju renang online pasalnya, ada beberapa bayi yang tidak dapat melakukan aktivitas renang semisal bayi yang memiliki kelainan, layaknya kelainan jantung bawaan. sesaat bayi prematur atau memiliki berat badan rendah waktu lahir, menurut karel, tidak cuma pantangan untuk diajak berenang.

bayi prematur, kan, lahirnya kurang bln. tetapi dengan jalur waktu ia bisa mengejar ketinggalannya sampai beratnya bisa lantas makin. lalu, walau waktu lahir ia dulu tertinggal di belakang, namun pada titik spesifik ia bisa mampu mengejar. demikianlah juga bayi yang memiliki berat badan rendah. tentang lain yang butuh diperhatikan yaitu :

* satu jam sebelum akan berenang, bayi harus sudah makan atau minum. jangan sampai ajak bayi berenang di dalam keadaaan kekenyangan atau demikianlah makan segera diajak berenang. jangan sampai juga mengajaknya berenang di dalam kondisi lapar karena di khawatirkan ia bisa minum air kolam.

* lama berenang amat efektif yakni 1/2 jam karena bayi perlu dijaga daya tahan tubuhnya atau dijaga agar tidak bosan karena kelamaan.

* orang tua juga perlu pelajari pertolongan pertama, sampai jika berjalan satu perihal yang tidak dikehendaki bisa segera berikanlah pertolongan pertama karena sudah tahu langkahnya.

berenang bisa bikin tinggi, lo

karena dengan berenang, motorik bayi bisa aktif semua. nah, sebab itu ada aktivitas motorik bisa merangsang perubahan dengan tidak segera, baik fisik maupun psikologis. tengok saja perenang yang baru sejak saat berusia 20 th. dan yang sudah mulai sejak kecil. pasti perbandingan tingginya berbeda, kata karel. atau, perenang th. 60-an di banding sebagian perenang sekarang ini, pasti lebih tinggi juara renang yang sekarang ini karena mereka start -nya lebih awal. satu lagi keuntungan berenang sejak kecil, ya, bu-pak.

memastikan baju renang

bayi juga perlu pakai baju renang, lo, walau alasannya tidak cuma medis tetapi lantaran kebiasaan saja. nah, waktu menentukan baju renang, saran karel, tetapkan yang tidak menghambat geraknya. jauhi baju yang gombrong karena jika masuk air, baju ini bisa menggelembung sampai menghambat gerak bayi. apabila sudah demikianlah, bisa-bisa si kecil lalu tidak suka berenang atau lebih kritis lagi ia bisa trauma.

trauma berenang

apabila si kecil sampai trauma, saran karel, sebaiknya berenang dihentikan dulu. ajak bayi bermain di darat. apabila ia terus rewel, bawa pulang. toh, lain hari bisa dibawa lagi. jangan sampai bikin lantas berenang sebagai satu paksaan.

sumber : tabloidnova.com

No comments:

Post a Comment