Friday, August 30, 2013

nutrisi mutlak supaya lahirkan bayi sehat & cerdas

untuk umumnya pasangan suami istri, kehamilan adalah satu perihal yang amat membahagiakan. seorang ibu hamil mesti memperoleh konsumsi nutrisi yang cukup untuk kesehatan janin yang dikandungnya. di antara nutrisi yang terutama yaitu asam folat. mengapa asam folat mutlak untuk janin ? asam folat atau juga dikenal dengan nama vit. b9, vit. bc, atau folacin yaitu type vit. yang larut didalam air. asam folat ada dengan alami pada sebagian type makanan. suplemen asam folat juga telah diproduksi serta bisa dibeli di beragam apotek serta toko obat. asam folat bertindak mutlak didalam beragam manfaat tubuh dimulai dari sintesis dna, melakukan perbaikan dna, metilasi dna, s/d bertindak sebagai cofactor beragam reaksi biologis yang memerlukan folat.

asam folat terlebih sekali mutlak didalam perubahan serta pemisahan sel pada saat kehamilan serta perkembangan. asam folat juga amat dibutuhkan didalam sistem produksi sel darah merah yang sehat, sebab itu bisa menghindar anemia. asam folat serta janin waktu wanita hamil, level folat didalam darahnya dapat alami penurunan bersamaan kenaikan sintesa rbc pada waktu paruh pertama kehamilan serta pada waktu janin memerlukan folat tersebut di paruh ke-2 kehamilan. janin bayi amat memerlukan asam folat untuk perubahan otak, tulang, serta urat syaraf tulang belakang. walau sebenarnya pada empat minggu pertama umur kehamilan, umumnya wanita tidak sadar dirinya tengah hamil. mengakibatkan beberapa wanita hamil yang tidak mengerti pentingnya menambahkan konsumsi asam folat untuk keperluan janin yang dikandungnya.

 bahaya kekurangan asam folat pada janin telah dijelaskan pada mulanya bahwa waktu wanita hamil, level folat didalam darahnya dapat alami penurunan. situasi kekurangan asam folat pada janin bisa menyebabkan sebagian situasi yang amat serius layaknya bayi yang lahir jual celana renang dapat alami cacat bawaan lahir. sebagian cacat bawaan lahir disebabkan kekurangan konsumsi asam folat salah satunya yaitu : neural tube defect ( ntd ) atau cacat pada tabung syaraf. cacat jantung bawaan. bibir sumbing. cacat lengan. kelainan saluran urin. neural tube defect ( ntd ) atau kecacatan tabung saraf pada bayi terdiri atas spina bifida( kelainan pada tulang belakang ) serta anencephaly ( kelainan di mana otak tidak terbentuk ). konsumsi asam folat yang cukup pada waktu sebelum saat serta sepanjang kehamilan bisa membuat perlindungan janin dari sebagian cacat bawaan lahir tersebut. kekurangan nutrisi asam folat juga bisa menyebabkan sebagian situasi salah satunya : bayi lahir prematur bobot bayi yang rendah perkembangan janin yang lamban aborsi spontan komplikasi kehamilan ( masalah plasenta serta hipertensi ) calon bumil juga harus mengonsumsi asam folat beberapa calon ibu hamil ( bumil ) yang merencanakan dapat hamil juga dianjurkan sekurang-kurangnya 4 bln. pada mulanya untuk konsumsi makanan kaya asam folat atau suplemen asam folat dikarenakan telah dapat dibuktikan dapat menghindar berlangsungnya sebagian cacat bawaan pada bayi. lantas tidak cuma saat telah hamil saja. jumlah konsumsi asam folat yang disarankan jumlah konsumsi harian asam folat yang disarankan untuk wanita yang didalam situasi sebelum saat hamil yaitu 400 mcg/hari. namun jumlah konsumsi harian asam folat yang disarankan untuk wanita hamil yaitu 600-800 mcg/hari. lantas jumlah konsumsi asam folat yang disarankan sepanjang hamil meraih 2 x lipat di banding waktu sebelum saat hamil. disarankan untuk tidak konsumsi asam folat dari sumber suplemen atau makanan yang diperkaya asam folat melebihi 1. 000 mcg /hari untuk hindari kemungkinan dampak samping untuk kesehatan. sebaliknya, sumber nutrisi asam folat yang datang dari makanan alami tak lagi menyebabkan dampak samping.

 makanan dengan kandungan asam folat tinggi sayuran-sayuran berdaun hijau layaknya bayam, asparagus, lobak, dan sebagainya polong-polongan layaknya buncis, kacang-kacangan, serta lentil kuning telur ragi roti product biji-bijian layaknya pasta ( terhitung mie instan ), roti, serta sereal ( terhitung sereal instan siap makan layaknya oatmeal ) biji bunga matahari makanan dengan kandungan asam folat sedang buah serta jus buah spesifik layaknya jus jeruk, jus nenas, belewah, melon, jus anggur, pisang, raspberry, serta strawberry. sayur serta jus sayur spesifik layaknya bit, jagung, jus tomat, brokoli, tauge, selada, serta sawi. di bawah ini yaitu 10 type makanan yang sangat banyak memiliki kandungan asam folat ( untuk per 100 gr makanan ) beserta jumlah kandungan asam folatnya : sereal oatmeal : 1600 mcg kacang panjang mentah : 658 mcg daun mint mentah : 530 mcg macam2 buncis mentah : 399 mcg ayam broiler goreng : 379 mcg selai kacang tanah : 373 mcg asam folat juga dapat dibuktikan dapat kurangi rusaknya kromosom pada sperma hingga amat disarankan untuk beberapa pria yang inginkan keturunan. faedah ini dapat diperoleh bila beberapa pria mengonsumsi cukup asam folat lebih kurang 700 mcg. di sebagian negara berkembang, menambahkan nutrisi asam folat pada sebagian type makanan layaknya sereal, pasta, roti, mie instan, serta beragam type makanan yang lain dikira lebih menghemat cost dari pada tindakan yang lain dalam rencana menambah kesehatan penduduk dunia. yang butuh di perhatikan ibu hamil yakinkan sebagian makanan yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil terlebih yang dari hewani dipastikan betul-betul dimasak masak untuk hindari ada bakteri coliform, salmonella serta parasit toksiplasmosis yang bisa beresiko untuk janin. namun bila pingin konsumsi lalapan sayuran atau salad mentah baiknya yakinkan bahwa sayuran telah dicuci bersih atau bisa dimasak 1/2 masak. tanyakan dengan dokter bila menjumpai kendala-kendala spesifik sepanjang masa kehamilan.

No comments:

Post a Comment