Tuesday, August 27, 2013

internet sehat serta safe untuk keluarga

kehadiran internet sebagai hasil kecanggihan teknologi saat ini semakin jadi keperluan. internet dapat digunakan setiap saat. di mana saja, oleh siapapun serta bisa dipakai untuk mendukung bermacam kegiatan. menurut kementrian kominfo, th. 2011 indonesia tempati posisi ke-3 sebagai pengguna internet terbanyak didunia. yakni 55 juta orang sesudah amerika serikat serta india. tetapi sayangnya, ada banyak pengguna internet yang belum maksimal saat memanfaatkan media digital ini. beberapa tetap memakai untuk perihal yang tidak produktif. semisal terhubung website yang berbau pornografi. disamping itu ada juga yang lakukan kejahatan didunia maya, seperti cyber bulliying. yakni tindakan pelecehan serta intimidasi melewati media internet. ada juga beberapa sexual predator yang mengincar anak-anak serta remaja. mereka biasanya orang dewasa yang merekayasa photo serta data pribadi, sesuaikan dengan calon korbannya. oleh dikarenakan itu mutlak untuk orang tua mengingatkan putra-putrinya untuk waspada saat mereka berteman didunia maya. terlebih apabila rekan baru tersebut mengajak bersua segera di satu area.

telah banyak masalah menghilangnya seorang anak sesudah bersua dengan rekan mayanya. internet memanglah adalah penyaji informasi yang amat luas. jual hijab online tetapi tidak bermakna seluruh informasi yang di sajikan benar serta berguna. demikian, kecanggihan teknologi memanglah tidak terus-terusan bernilai positif. namun dapat juga beresiko jelek. oleh dikarenakan itu sebagai orang tua kita mesti waspada serta bertindak aktif didalam mengawasi kegiatan berinternet bagian keluarga. utamanya sudah pasti anak serta remaja kita yang sekarang ini memanglah telah akrab dengan kegiatan didunia maya. tak hanya memakai internet untuk mendukung aktivitas belajarnya, mereka juga umumnya pengguna sosial media seperti facebook serta twitter. idealnya orang tualah yang memperkenalkan internet pada anak. menerangkan segi baik serta buruknya cocok umur anak. demikian juga didalam berhubungan didunia maya. sopan santun serta norma didunia nyata mesti terus diberlakukan didalam dunia maya. jangan sempat terprovokasi untuk saling membulli serta hindari menulis status atau komentar yang menyangkut sara atau bernada rasis. orang tua juga mesti mengingatkan anak untuk tidak berikan informasi atau data pribadi dengan mendetail. jauhi mencantumkan nomer ponsel serta data pribadi orang tua. ingatkan juga supaya anak tidak sembarangan mengunggah photo atau video pribadi ataupun orang lain yang melanggar norma atau norma kesusilaan.

 sebagai orang tua kita juga mesti tanggap lihat pergantian prilaku anak serta remaja yang diakibatkan disebabkan penyalah gunaan internet. jangan sempat kita terlambat tahu apabila contohnya mereka jadi korban atau pelaku bulliying, kecanduan game on line atau menaruh video yang tidak layak dikonsumsi oleh anak serta remaja. membatasi pemakaian internet di rumah dengan menaruh pasword serta memblokir situs-situs dewasa mungkin dikerjakan. namun yang lebih mutlak yaitu membentengi bagian keluarga dengan nilai-nilai agama sebagai bekal atau tameng saat menghadapi godaan atau kejahatan yang mengintai didunia maya. beri pengertian pada bagian keluarga, bahwa teknologi dibikin untuk meringankan hidup manusia. namun ingatlah bahwa agama yang dapat menyelamatkan hidup kita. dikarenakan tiap-tiap kegiatan didunia maya tak lagi dimintai pertanggung jawaban di akhirat maya, tetapi terus diakhirat yang sebenarnya.. karena, meskipun kita tidak dapat senantiasa mengikuti anak didalam berinternet, diinginkan mereka telah mempunyai rambu-rambu saat berselancar didunia maya. hingga dimanapun anak terhubung internet, mereka telah mempunyai pengetahuan bagaimana berinternet dengan sehat serta safe. hingga mereka tidak tergoda berkeliaran buka situs-situs dewasa. tetapi, tidak seluruh orang tua melek teknologi serta informasi. ada banyak di antara kita beberapa orang tua yang gagap teknologi. namun perihal tersebut jangan sempat membuat kita tidak acuh serta tidak perduli pada kegiatan berinternet anak. oleh dikarenakan itu dibutuhkan sosialisasi berinternet yang tidak saja sehat namun juga safe oleh pihak-pihak berkenaan. karenanya ada sosialisasi tersebut diinginkan anak serta remaja lebih waspada didalam berhubungan didunia maya. materi perihal berinternet yang sehat serta safe juga pastinya diperlukan oleh beberapa guru serta kami orang tua. namun untuk anak serta remaja diinginkan mereka yang biasanya berstatus siswa atau pelajar ini dapat lebih maksimal saat memanfaatkan fungsi internet. tak hanya menambah pengetahuan serta wawasan mereka juga bisa menyalurkan hobby atau ketertarikannya didalam perihal catat menulis. mereka dapat belajar serta berlatih menulis pada situs (blog) pribadi atau memakai sarana “notes” pada facebook. untuk bagian keluarga yang telah berstatus mahasiswa dapat mengirim artikel ke website berita on line, sosial situs (blog), atau ke surat kabar. untuk yang memiliki usaha juga dapat berjualan on line serta aktivitas yang lain yang berguna serta memiliki nilai makin. pada prinsipnya sesuatu teknologi dibikin untuk berikan faedah pada manusia. tetapi jangan sempat kehadirannya justru menghindari jalinan antar sesama bagian keluarga, dikarenakan senantiasa konsentrasi berinternet melaui gadget tiap-tiap.

 belum lagi efeknya untuk mata, apabila terlampau lama berasyik ria di hadapan layar gadget. terutama untuk anak-anak. tidak heran apabila hari ini banyak anak umur sekolah dasar yang telah mesti berkaca mata disebabkan terlampau lama melakukan aktivitas di depan layar komputer, laptop atau handphone. oleh dikarenakan itu batasilah pemakaian internet atau kegiatan di depan komputer atau laptop dengan lakukan aktivitas outdoor. contohnya bermain bola, bersepeda, membaca, melukis dan seterusnya. sesekali sempatkan waktu tanpa berinternet supaya bisa bercengkrama antar bagian keluarga. bila tidak dapat, boleh-boleh saja berhubungan dengan intens didunia maya melewati media internet. namun terus janganlah lupakan kehidupan nyata serta orang-orang dekat di sekitar kita. demikian semoga jadi kepedulian kita seluruh serta selamat berinternet sehat serta safe.

No comments:

Post a Comment