Thursday, March 27, 2014

Pengaruh stres terhadap tubuh anda

 Stres adalah reaksi tubuh terhadap setiap perubahan yang memerlukan penyesuaian atau respon. Tubuh bereaksi terhadap perubahan ini dengan tanggapan fisik, mental, dan emosional. Stres merupakan bagian dari kehidupan normal. Banyak kejadian yang terjadi pada Anda dan sekitar Anda.

Bagaimana stres mempengaruhi kesehatan?

Tubuh manusia dirancang untuk mengalami stres dan kemudian bereaksi. Stres bisa positif, jika hal itu membuat kita waspada dan siap untuk menghindari bahaya. Stres menjadi negatif, ketika seseorang menghadapi tantangan terus-menerus tanpa bantuan atau relaksasi. Akibatnya, orang menjadi terlalu banyak bekerja dan selalu merasakan ketegangan

Stres yang terjadi terus-menerus dapat menyebabkan kondisi yang disebut distres, sebuah reaksi stres yang negatif. Distres dapat mengakibatkan gejala fisik termasuk sakit kepala, sakit perut, tekanan darah tinggi, nyeri dada, dan masalah tidur.

Stres juga menjadi berbahaya, ketika orang menggunakan alkohol, tembakau, atau obat-obatan lain untuk menghilangkan stres. Sayangnya, bukannya menghilangkan stres dan mengembalikan tubuh ke keadaan rileks, zat ini cenderung membuat tubuh semakin stres dan menyebabkan lebih banyak masalah.

Pertimbangkan hal berikut:

1. 43 % dari seluruh orang dewasa menderita efek kesehatan yang merugikan karena stres.

2. Stres dapat menimbulkan masalah seperti sakit kepala, darah tinggi, masalah jantung, diabetes, masalah kulit, asma, arthritis, depresi, dan kecemasan.

Tubuh dan pikiran manusia membutuhkan relaksasi dan kenyamanan. Untuk itu, luangkan sedikit waktu untuk sedikit bersenang-senang dan melakukan penyegaran pada otak Anda.

No comments:

Post a Comment